Single Blog Title

This is a single blog caption
8 Aug 2019

Geothermal Engineering

/
Posted By

Kelompok Keahlian Geotermal merupakan perpaduan antara beberapa bidang keahlian dan bernaung di Program Studi Magister Teknik Panas Bumi ITB. Tujuan strategis dalam kelompok keahlian ini adalah ”Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi panas bumi sehingga lulusannya mampu berkontribusi positip dalam kegiatan eksplorasi, eksploitasi dan utilisasi geotermal untuk meningkatkan ketersediaan energi nasional yang bersih, ramah lingkungan dan berkelanjutan”.

 

Keilmuan yang dikembangkan di Kelompok Keahlian Geotermal adalah pendidikan rekayasa dan eksplorasi yang mencakup:

  1. Bidang eksplorasi panas bumi meliputi bidang eksplorasi geologi, geofisika dan geokimia panas bumi.
  2. Bidang rekayasa panas bumi meliputi teknik eksploitasi dan utilisasi panas bumi, yaitu teknik pemboran, teknik reservoir, teknik produksi, teknik konversi listrik (pembangkit listrik) dan pemanfaatan langsung fluida panas bumi.
  3. Analisis lingkungan, manajemen dan ekonomi, analisis kelayakan/evaluasi prospek panas bumi, metodologi penelitian, vulkanologi, teknologi panas bumi geosains, geokimia gas, remote sensing, altersai dan simulasi reservoir.

Penataan silabus dan proses belajar mengajar dalam KK geotermal diarahkan untuk:

  1. Pendidikan lanjutan atau pengembangan pada kehidupan profesianya.
  2. Peningkatan wawasan mahasiswa untuk pendalaman materi.
  3. Pengembangan kreativitas mahasiswa.
  4. Pengembangan dari materi sebelum periode berlakunya kurikulum.

Dengan itu diharapkan para lulusan memiliki kemampuan unggul dalam menerapkan hasil pendidikannya di industri, pemerintah, perusahaan konsultan, institusi pendidikan dan penelitian, serta dapat menjadi praktisi dan inovator yang berhasil memecahkan permasalahan di bidang eksplorasi, ekploitasi, utilisasi dan pengelolaan sumberdaya geotermal.